Tips Mejalankan Puasa Dengan Khusyuk Tanpa Khawatir Masalah Ekonomi

Kiat Beraktifitas Seperlunya Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Seiring berkembangnya sebuah zaman peradaban manusia secara otomatis akan mengikuti perubahan-perubahan yang tidak bisa kita pungkiri dan tinggalkan lagi, dalam benak kita pasti terbesit bulan suci Ramadhan sudah tiba sebentar lagi lebaran, nah biasanya kebanyakan masyarakat Indonesia yang beragama muslim akan merencanakan sederet panjang kegiatan dan persiapan untuk menyambut datangnya bulan kemenangan salah satunya konsumsi, pakaian dan masih banyak lagi yang akan dipersiapkan dan hal ini pastinya akan menguras kantong kita bukan?

Untuk menghindari hal tersebut terjadi dan akan menjadikan beban serta alasan untuk tidak menjalankan ibadah puasa dengan dalil ingin kerja lebih giat dan ambil lembur sebanyak-banyaknya agar nanti sebelum lebaran gajinya gede bisa untuk mencukupi semua kebutuhan, ada beberapa individu yang suka hidup lebih mementingkan gengsi, tentunya hidup dengan gengsi itu sangat mahal yang membutuhkan materi yang cukup banyak sebab gengsi biasanya disertai dengan tren sementara tren itu setiap waktu berubah mengikuti peradaban zaman.

Bagaimana sih caranya agar kita bisa menjaga gengsi tapi Ibadah bulan suci Ramadhan tidak terganggu?

Melalui kesempatan ini ada beberapa tips yang dapat penulis bagikan yang mudah-mudahan bisa membantu menjawab semua unek-unek dan permasalahan yang ada.

Beberapa tips itu seperti:

1. Konsisten Menabung

Sebenarnya kunci hidup sukses itu konsisten, istiqomah ya. Konsisten menabung yang seharusnya dilakukan dari jauh-jauh hari sebelum datangnya bulan suci Ramadhan, misal selepas bulan sawal mulailah menabung setiap bulannya Rp. 100.000,- saja kita kalikan Rp. 100.000,- x 12 =  Rp. 1.200.000,- sudah lumayan kan jadi untuk bulan suci Ramadan tinggal bekerja seperlunya agar tidak menggangu Ibadah Puasa dan tidak ada alasan untuk tidak menjalankan kewajiban untuk berpuasa.

2. Sedekah

Sahabat, jangan khawatir akan kehilangan harta kita karena bersedekah, sebab sedekah tidak harus dengan uang yang banyak saja, bisa sedekah ilmu jika kita bisa melihat rantai dari sedekah ilmu mungkin semua manusia akan berlomba-lomba belajar setinggi-tingginya dan menyedekahkannya tapi jangan hanya menyedekahkan saja akan tetapi juga menjalankan atau mengaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan sedekah itu Allah menjanjikan akan melipat gandakan jumlah dari sedekah yang dikeluarkan yang pastinya dikeluarkan dengan Ikhlas tanpa paksaan dan apalagi hanya ingin dilihat orang lain (Riya) ya. Sedekah juga bisa dilakukan dengan mengerjakan sholat sunah Duha secara istiqomah, akan tetapi untuk mengerjakannya jagan sampai menganggu pekerjaan yang menjadi kewajibannya sebab jika solat sunah duha dikerjakan pada saat tugas kantor sedang menumpuk itu akan menyebabkan tidak khusuk dan dapat merugikan yang lainnya sebab itu dapat menjadikan penghalang datangnya rezki.

3. Percaya Takdir Allah SWT

Mengapa percaya dan yakin takdir Allah SWT juga termasuk dalam tip menjalankan ibadah pasa dengan nyaman ? 

Perlu diingat kembali manusia sebagai mahluk ciptaan Allah SWT yang telah disempurnakan dengan dianugerahi akal pikiran dan sahwat untuk itu manusia sebagai ciptaan Allah SWT  hendaknya sadar bahwasannya tiada Tuhan pencipta alam semesta dan memberikan kehidupan kecuali Allah SWT. Dengan begitu sebagai ciptaan Allah SWT kita gunakan alak pikiran kita untuk selalu mengingat Allah SWT dan mempercayai meyakini Takdir Allah SWT itu adil untuk kita sebab hanya Allah SWT lah yang lebih tau apa yang terbaik untuk kita, dengan begitu apa bila kita tanamkan dalam benak kita secara perlahan hati dan pikiran kita akan jauh lebih tenang, dan jika hati pikiran kita tenang itu tanda keberkahan hidup menyertai kita Insya Allah.

Mari kita besama-sama belajar Istiqomah dalam menjalankan perintah Allah SWT. Semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Tips Mejalankan Puasa Dengan Khusyuk Tanpa Khawatir Masalah Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel