Kiat Sukses Belajar Ikhlas

Berdasarkan pengalaman penulis pribadi untuk mejalani kehidupan yang penuh dengan lika liku yang berwarna, akan saya paparkan beberapa hal yang dapat meringankan hati dan pikiran kita sejenak.

Banyak pakar psikologi yang telah mengembangkan teori teori perilaku baik individu maupun kelompok,  namun menurut saya pribadi dan ucap bapak ibu guru kami di zaman sekolah dulu. Yang paling berguna dan mudah diterapkan itu adalah pengalaman pribadi.

Begitu pula dengan hal untuk membuat hidup kita terasa indah dan menyenangkan. Sering kali kita mendengar hidup itu penuh warna dan memiliki nilai seni bukan?  Dan saya menemukan jawabannya bahwa pernyataan itu memang benar.

Dalam sebuah kehidupan khususnya kehidupan anak kedua dari tiga bersaudara itu sedikit ribet sebab dia tidak utuh menjadi kakak dan juga tidak utuh menjadi adek posisi ini yang kadang bisa menimbulkan tekanan mental. Terbayangkan donk jika dalam posisi itu,  itu pasti bukan kemauan kita namun itu adalah suatu anugrah terindah apa bila kita percaya terhadap takdir Allah SWT dan dapat menerimanya dengan ikhlas, terkadang ketentuan Allah itu terasa tidak menyenangkan,  namun banyak ulama dan ahli sufi yang berpendapat bahwasannya skenario Allah itu jauh lebih indah.

Keluar dari hal di atas untuk mejalani hari hari agar terasa lebih nyaman dan indah dapat kita terapkan dengan beberapa hal:

Yang pertana dan sangat utama itu kuncinya berserah diri percaya kalau Allah itu ada dan pertolonganNya itu nyata,  ada kan lagu Rohani di agama Kristiani itu Pertolongan Tuhan Itu Nyata pernah dengar donk pastinya. Setelah kita percaya dan menyerahkan segalanya kepada pencipta kita, kita patut bersyukur bagaimana caranya kita dapat bersyukur? Hal yang mendasar agar kita dapat mensyukuri nikmat Allah itu yang pertama kita dapat melakukan introspeksi diri evaluasi apa yang kita sudah dapatkan di masa lalu kita dan apa yang sudah kita korbankan untuk masa lalu kita dan apa yang telah kita dapatkan saat ini, jika sudah menemukan jawabannya, coba pikirkan lagi, pasti akan menemukan jawaban yang dapat memuaskan rohani kita dan yang ketiga  selalu berpikir positif terhadap apa pun yang terjadi dalam kehidupan kita, kehidupan yang kita miliki ini akan terasa indah.

Semoga apa yang telah saya tuangkan dalam tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah khasanah bagi pembaca.

Selamat mencoba salam bahagia dari penulis untuk kita semua.

2 Komentar untuk "Kiat Sukses Belajar Ikhlas"

  1. Keren sekali kata-katanya kk.,, Aku suka 👍👏👏,, semoga bisa bermanfaat bagi banyak orang.,,,

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel